Perfect Pitch, Sebuah Anugrah atau Pencapaian ?

Beberapa hari belakangan, jagat Twitter dihebohkan dengan video dari akun @_geraldgreald_ , video tersebut menampilkan seorang pria yang mampu menentukan nada dari lagu-lagu yang sekali ia dengar tanpa memegang alat musik seperti piano atau gitar. Charlie Puth juga menjadi salah satu contoh musisi yang memiliki kempuan tersebut. 

Disebut Perfect Pitch, fenomena tersebut sebuah anugrah ataukah sebuah pencapaian ? Dilansir dari Facebook Indonesia Rock Club, Perfect Pitch ialah kemampuan mengetahui kunci lagu yang sedang diputar di radio, hanya dengan mendengarkannya saja. Ketika seseorang meminta anda untuk menyanyikan nada F#, Perfect Pitch memungkinkan Anda untuk mengingat dan menyanyikannya kembali nada F# tersebut.

Ini adalah tingkat yang sangat halus yang sama sekali berbeda yang menempatkan musisi pada keuntungan yang berbeda dari semua sisi. Dengan kultur kesadaran telinga, setiap anak atau musisi dewasa dapat mengembangkan Perfect Pitch dengan mulai melakukan latihan easy listening sampai keterampilan ini secara alami terbentuk.

Selama bertahun-tahun Perfect Pitch dianggap sebuah “gift“. Banyak musisi saat ini mencoba untuk memaksakan kesempurnaan pada diri mereka sendiri dengan memainkan nada berulang-ulang dengan harapan untuk dapat “mengingat”nya. Ketika secara kronis terbukti kemampuan itu sulit dipahami, mereka menyimpulkan bahwa hal itu tidak bisa dikembangkan. Frustasi telah terjadi dan menjadi sumber keraguan yang timbul dari beberapa musisi. 

Jadi, dari penjelasan diatas diantara kalian ada yang memiliki kemampuan Perfect Pitch atau memiliki teman dengan kemampuan tersebut ngga? Berikan komentar kalian ya guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts
Total
0
Share