Mendengarkan musik saat tidur. Apakah kalian salah satunya ?

Beberapa diantara kita pasti ada yang gemar ditemani musik saat beraktifitas. Mulai dari bersih-bersih, berolah raga, saat macet maupun belajar. Dirasa membuat tenang, nyaman dan santai, terkadang musik juga digunakan saat menjelang atau bahkan saat tidur. 

Lagu dengan beat lambat dan tenang dirasa membuat rileks dan diharapkan tidur lebih nyenyak. Namun, tahukah kalian bahwa tidur dengan mendengarkan musik membuat kinerja otak semakin keras saat kalian beristirahat ? 

Sebuah penelitian menyimpulkan, lagu dengan beat lambat dapat membuat kita rileks dan mengantuk. Beat santai pun dapat dijadikan stress relief bagi sebagian orang. Hanya saja, tidur dengan musik yang menyala memiliki kerugian karena otak terus menerima sinyal suara yang ditangkap oleh telinga.

Kinerja otak pun meningkat karena terus memproses informasi. Ditambah lagi jika kita menggunakan headset / earphone saat tidur. Lubang telinga akan pegal-pegal, kotoran dalam telinga akan meningkat dan fungsi pendengaran akan menurun. 

Jadi, berhati-hati dan bijaklah menggunakan dan menikmati musik. Jangan sampai apa yang kita sukai justru membahayakan kita. Ingat guys, semua yang berlebihan itu tidak baik. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts
Total
0
Share