Gemar menggunakan earphone / headset? Sudah tau bahayanya belum?

Siapa yang tidak suka mendengarkan lagu menggunakan headset ? Jika kalian salah satunya, apakah kebiasaan tersebut sulit dihilangkan? Bagaimana tidak? Headset atau earphone terkadang dianggap sudah menjadi holy grail dan teman saat berjalan sendirian, makan, berolahraga maupun menyetir.

Kebiasaan menggunakan headset yang berlebihan ditambah dengan volume suara yang besar tentu berpengaruh pada kesehatan telinga kita, guys. Karena, telinga kita ini sangat sensitif dan saat memutar lagu gendang telinga otomatis bergetar. Jika itu terjadi terus menerus, gangguan akan kalian rasakan saat penggunaannya melebihi batas maksimal.

Nih, mbokmin kasih tips aman menggunakan headset/earphone :

  1. Maksimal volume yang digunakan 60%
    Penggunaan volume diatas 60% secara berkala dapat merusak gendang telinga kita hanya dalam 15 menit. Oleh karena itu, hati-hati ya!
  2. Tidak lebih dari 1 jam
    Mendengarkan musik menggunakan headset tentulah sangat nyaman. Namun, kenyamanan tersebut dapat berujung petaka bagi pendengaran kita. Jadi disarankan maksimal menggunakanya hanya 1 jam ya, guys.
  3. Tidak menggunakannya di tempat yang bising
    Saat berada di tempat bising, tentu kita akan otomatis mengencangkan volume lagu tujuannya agar kita tidak terganggu oleh sekitar. Menurut survey, suara keras melebihi 80 desibel dapat merusak telinga Anda dalam sekejap. Hati-hati ya!

Setelah dibaca dan dipahami, jangan lupa di implementasikan ya, guys. Kalau bukan kita yang merawat organ kita, lalu siapa lagi ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts
Total
0
Share